Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan

Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan | Semasa kehamilan, tubuh sedikit banyak akan mengalami perubahan secara fisik maupun hormonal. Perubahan ini cenderung membuat anda tidak nyaman sehingga timbullah beberapa keluhan selama kehamilan. Apa sajakah keluhan-keluhan yang mungkin terjadi selama proses kehamilan?

Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan
Berikut penulis melansirkannya untuk Anda tentang Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan

• Mual atau muntah di pagi hari. Mual atau muntah dipagi hari atau yang biasa disebut morning sickness adalah gejala yang umum terjadi pada sebagian ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Mual terjadi karena adanya peningkatan asam lambung, yang lama kelamaan akan hilang seiring bertambahnya usia kehamilan anda. Oleh karena itu hindari makanan yang memicu terjadiya mual atau muntah seperti makanan berlemak dan berbau menyengat.

• Sakit pinggang dan punggung. Sakit pinggang atau punggung ini mungkin terjadi bila anda terlalu banyak beraktifitas. Ingat, anda sedang berbadan dua, jadi aktifitas yang mulanya terasa ringan bisa menjadi berat saat anda dalam masa kehamlan. Sebaiknya kurangi aktifitas anda, dan jaga postur tubuh agar tetap tegak.

• Kram kaki dan tangan. Kram kaki dan tangan juga umum terjadi pada sebagian ibu hamil. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalsium seperti susu atau produk olahan susu.

• Kaki atau tangan bengkak. Pembengkakan yang mungkin terjadi pada masa kehamilan bisa diminimalisir dengan banyak minum air putih. Saat anda tidur posisikan kaki anda lebih tinggi dari jantung. Jalan-jalan pagi juga dipercaya mampu menghindarkan anda dari pembengkakan.

• Keputihan. Peningkatan hormon kehamilan umumnya akan meningkatkan cairan vagina. Cairan ini berwarna putih, encer, dan tidak berbau. Selama cairan ini tidak berubah warna, bau dan menjadi gatal atau bahkan iritasi anda tidak perlu terlalu khawatir.

• Kelelahan. Kelelahan umumnya terjadi pada trimester akhir usia kehamilan anda. Tentu hal ini diakibatkan oleh semakin besarnya janin yang sedang anda bawa di dalam perut. Oleh karena itu anda perlu istirahat yang cukup. 

Setidaknya bagi para pemula ada manfaatnya jika Anda sedikit belajar mengetahui nanti tentang Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan ini, namanya saja orang hamil, akan tetapi kebahagiaan ini bukan yang selama ini Anda nanti-nantikan.

0 Response to "Keluhan Ibu Hamil Yang Terkadang Melelahkan"

Post a Comment