Cara Memperkenalkan MPASI yang Baik Untuk Bayi

Cara Memperkenalkan MPASI yang Baik Untuk Bayi Makanan pendamping ASI atau yang biasa disebut MPASI ini hendaknya diberikan saat pencernaannya sudah siap atau mature, yaitu memasuki usia 6 bulan. Secara bertahap anda juga harus memperkenalkan ia pada berbagai jenis makanan, termasuk sayuran yang umumnya tidak disukai anak-anak. Selain agar nutrisinya terpenuhi, mengenalkan berbgagai jenis makanan sehat sejak dini juga membantu anda mengurangi resiko anak sulit makan di kemudian hari. Namun anda juga harus bersabar dalam melakukan pengenalan setiap jenis makanan kepada bayi anda. Karena umumnya ia perlu setidaknya 20 kali makan untuk bisa menerima jenis makanan baru. Perkenalan terhadap makanannya juga hendaknya dilakukan dengan tahapan yang baik.

Seperti berikut ini akan berikan ulasan singkat tentang  Cara Memperkenalkan MPASI yang Baik Untuk Bayi sesuai dengan urutannya.
Sereal nasi atau bubur atau makanan berserat lainnya
Makanan berserat dangat dibutuhkan oleh bayi karena pencernaannya yang baru matang akan lebih mudah  mencerna makanan berserat atau yang teksturnya serupa dengan ASI. Sebaiknya teksturnya juga diperlembut dengan memblendernya terlebih dahulu. Coba 1 jenis makanan setidaknya sampai 7 hari untuk memastikan tidak ada alergi terhadap makanan tersebut.
Puree daging sapi atu daging ayam
Daging hendaknya juga diperkenalkan lebih awal karena banyak mengandung zat besi yang baik untuk pertumbuhan bayi anda. sajikan dalam benuk puree
Puree sayuran
Sayuran juga banyak mengandung vitamin yang baik untuk perkemmbangan bayi anda. Perkenalkan sayuran terlebih dahulu sebelum buah. Karena bila bayi anda telah mengenal buah yang umumnya mempeunyai rasa manis yang menyenangkan, kemungkinan besar ia akan menolak makan sayuran. Berikan sayuran berwarna hijau atau orange, seperti brokoli, bayam, dan wortel.
Puree buah
Terakhir, kenalkan ia pada buah. Banyak jenis buah yang baik untuk bayi, diantaranya adalah alpukat, pisang, jeruk mandarin dan lain sebagainya.

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang Cara Memperkenalkan MPASI yang Baik Untuk Bayi. Semoga informasi tadi bermanfaat untuk anda dan si kecil.

0 Response to "Cara Memperkenalkan MPASI yang Baik Untuk Bayi"

Post a Comment